As a gen z...

by - 02.03

Their obsession kinda hurt me, some people might feel it too. How they push us to do what they want, but in the other hand say that, "ahh, we'll support what you want to be." Manipulative, isn't it?

Di era ini aku banyak baca tentang 'you can be whatever you want' dan kekangan orang tua itu sebenarnya udah gak zaman. Aku gak pengen ngedorong orang lain buat jadi apa yang gak mereka inginkan. I support people around me to be whatever they want, since i heard "It is okay to not be 'someone'"

Bayangan terbaik aku mengenai parenting yang baik adalah memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk anak bisa eksplorasi apapun yang dia mau tentunya dengan pembekalan yang baik pula. Sebelum aku balik bahas tentang 'whatever we want' aku mau bilang, hurt others are rude, and when you let people around you to hurt others, it's mad, especially you, parent. 

Setelah kasih kesempatan seluas-luasnya untuk eksplorasi mungkin dia udah tentuin dia mau jadi apa, jangan lupa biasain buat baca, keluarga yang sangat aku sayangi adalah keluarga yang punya habit baca. Such lovely, tapi nonton juga bisa sih, apalagi tontonan edukatif. 

Tapi, ada juga yang udah dikasih kesempatan buat eksplore tapi dia masih gatau jadi apa, ada beberapa opsi kayak take academic break gitu atau ikut pengabdian masyarakat, dll. And it's freakin okay if you just wanna be 'common' people. Gak ada yang salah buat jadi orang biasa, masyarakat sipil, kerja 9-5, atau apalah ya. Ga semua-muanya harus jadi presiden atau punya duit milyaran atau orang yang berguna bagi bangsa dan negara wkwk. 

Yang pernah aku baca ya, kita tuh sebenernya cuman mempertahankan kehidupan dan melanjutkan keturunan. 2 itu doang wkwkwkwk. 

Intinya aku pengen ngomong, jangan biarin orang untuk paksain apa yang mereka inginkan di kamu, kalau kamu gak mau, bilang aja gak mau, kamu punya hidup kamu sendiri gimana pun nanti yang jalanin adalah kamu. Plus, jauhin goals 'sukses' di hidup, mendingan bikin goals yang rigid dan jelas, sukses menurut aku kata yang super subjektif dan bisa bikin gila wkwk. Dan gapapa banget buat jadi orang biasa.

You May Also Like

0 komentar